Selasa, 27 Juli 2010

Definisi WIFI

WIFI itu singkatan dari Wireless Fidelity, yg artinya teknologi komunikasi wireless yg dapat menyediakan koneksi antara komputer portable (seperti laptop. PDA) dgn internet. Untuk menghubungkan user ke internet, device Wi-Fi menggunakan transmitter low-power dan receiver (penerima sinyal) yg dilengkapi chip komputer spesial berisi modem radio. Chip Komputer ini bisa diinstal di laptop, PDA (personal digital assistant) dan telepon seluler.
Sejarah Wifi

Berikut ini adalah nama penemu embrio teknologi wifi. Semuanya bermula dari penemuan hubungan listrik dgn gelombang radio yg dihasilkannya.

* Pertengahan abad 19 : Ide komunikasi radio wireless bermula dari pertengahan abad 1800. Ide ini dipelopori teori 2 ilmuwan inggris, Michael Faraday dan James Clerk Maxwell.
* 1988 : Heinrich Hertz, fisikawan jerman, mempraktekkan teori Faraday dan Maxwell untuk membuat transmitter spark-gap. Transmitter tersebut adalah alat yg menghasilkan gelombang radio dari percikan listrik.
* 1895 : insyiur listrik berkebangsaan itali, Guglielmo Marconi meningkatkan jangkauan transmisi Hertz dan mengadopsi teknologi untuk mengirim dan menerima sinyal telegram wireless.
* 1901 : Marconi membangun transmitter telegraph lintas benua pertama, yg mana mempunyai jangkauan sejauh 3.400 km dari Poldhu, Cornwall, England sampai ke St. John’s, Newfoundland.


Radio dan Modem

Radio modem memiliki fungsi yg sama seperti modem yg bekerja dengan jaringan berbasis kabel (jaringan konvensional yg dipakai telephon, dll). Modem bekerja me-modulasi dan me-demodulasi sinyal yg meniru stream bit digital yg merupakan format data komputer. Komputer, handphone, dan PDA yg dilkengkapi wifi memiliki akses pada e-mail dan situs internet.

Oh, iyaiya, Modem wireless berada pada jangkauan Wifi yg berisi transmitter dan receiver agar bisa bekerja. Sementara, Transmitter dan Receiver ini harus terhubung dgn alat yg menyediakan akses internet. Area yg berada dalam jangkauan wifi biasa disebut hotspots (hot spot).

Saat ini, standar teknis membatasi ukuran hotspot itu 90m. Akan tetapi, banyak transmiter yg bisa dihubungkan dgn area yg lebih luas seperti hotspot bandara dan hotel. Sementara, Kecepatan kirim data itu sekitar 11 sampai 34 mega per detik. Kecepatan koneksi internet ini biasa disebut broadband internet, karena besarnya jumlah bit data yg bisa dikirim cepat.
W
Sumber : http://whedacaine.wordpress.com/2010/06/05/wifi-apa-itu-dan-arti-definisi-wifi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar