Selasa, 03 Agustus 2010

Setting Mikrotik dengan Speedy

Sekedar pembelajaran dan koleksi, untuk mengingat langkah-langkah mensetup mikrotik menjadi sebuah router dengan akses Speedy. Tutorial ini dikutip dari forum diskusi mikrotik.Setting mikrotik ternyata sangat simple, walau tidak free seperti linux. Dari segi harga juga tidak begitu mahal seperti windows server.Modem speedy yang digunakan adalah modem ZyXEL Prestige 650R-31 - router, waktu ditanyakan ke telkom, mereka tidak mengakui adanya modem tersebut (hal yang aneh karena dapatnya modem juga dari telkom sendiri?) dan tentunya Mikrotik OS versi 2.9.6

Setting Modem
Melakukan konfigur modem tidak jauh beda dengan melakukan konfigur pada komputer, modem speedy juga include dengan router, dimana fungsinya sebagai pintu keluarnya data atau sebagai media atau sebagai jalur yang harus dilalui oleh computer lain untuk terhubung dengan Internet.
Hal utama harus tahu IP modem tersebut, secara default rata-rata menggunakan IP 192.168.1.1.Tentunya sebelum itu komputer harus sudah dihubungkan dengan modem, melalui cable yang disertakan pada waktu mengambil modem speedy.Kedua Tanyakan password modem.

1. Ketik http://192.168.1.1 pada browser.......isikan user name dan password secara default root/admin password root/admin/1234 (terdapat dalam buku panduan)


2. Setting LAN
Gunakan IP statik, mudahnya jadikan IP Statiknya menjadi 192.168.1.1, jadi semua gateway client harus mengarah ke router agar client bisa konek ke internet.


3. Setting Wan dan Account Speedy
yaitu setting koneksi ke telkom yang menggunakan jalur Wide Area Network, dalam mengakses WAN Telkom akan di butuhkan Account dan Password PPP, masukkan User Accout dan Password yang telah di berikan oleh telkom,sebelum itu rubah password speedy anda di speedy-telkom


4. save configurasi lalu tunggu beberapa saat, modem akan mendial ke server, setelah berhasil maka coba untuk ping ke salah satu site misal nya ke google, jika request berarti setting Modem Plus Router kita sudah benar, kalau belum berhasil coba isikan dns dikomputer dengan dns dari telkom 202.134.1.10/202.134.1.155. Bila di modem ada fasilitas dns, sebaiknya isikan dengan dns telkom,pada use dns jadikan enable.

Sumber : http://aindra.blogspot.com/2008/02/setting-mikrotik-dengan-speedy.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar